7 Tips Menghadapi Jenis Pekerjaan yang Tidak Disukai

7 Tips Menghadapi Jenis Pekerjaan yang Tidak Disukai | Saat mulai memasuki dunia kerja, kita semua pasti mulai tersadar bahwa semua pekerjaan harus kita selesaikan. Kita udah nggak bisa pilih-pilih kayak zaman kuliah dulu. Saat berhadapan dengan pekerjaan yang harus kita selesaikan, tentu saja kita sering kali merasa berat, sehingga dengan 1001 alasan kita berusaha untuk tidak menyelesaikan tugas tersebut.

Hal ini dapat berdampak terhadap penilaian performa kerja kita yang dianggap tidak mampu. Padahal, kita mampu namun tidak mau. Tentu hal ini merupakan hal yang berbeda. Oleh karena itu, mari kita pelajari tips trik berikut ini supaya jenis pekerjaan yang tidak ktia sukai sudah merupakan momok.

Pekerjaan tidak Disukai

1. Menentukan skala prioritas

Semua pekerjaan harus diselesaikan merupakan syarat wajib seorang pekerja. Oleh karena itu dengan menentukan skala prioritas, dapat memaksa sobat Glidik untuk menyelesaikan seluruh tugas meskipun ada pekerjaan yang tidak disukai.

Skala prioritas harus berdasarkan pada tenggang waktu yang diberikan, bukan berdasarkan suka atau tidaknya. Jadi dengan menentukan skala prioritas, diharapkan performa kerjamu dapat tetap terjaga.

2. Membuka pikiran

Gunakan logikamu untuk mencari tahu kenapa kamu tidak menyukai pekerjaan tersebut. Apakah sulit? Membutuhkan waktu lama? Membosankan? Atau hal lainnya. Setelah kamu menemukan alasan yang tepat maka sudah saatnya kamu mencari solusi yang dapat diterapkan.

Solusi yang membuatmu melaksanakan tugas tersebut tanpa hati yang berat. Selain itu, temukan hal positif dari pekerjaan yang sedang kamu selesaikan sehingga kamu dapat meningkatkan rasa penuh syukur karena ilmu yang kamu miliki semakin meningkat.

Baca juga : 5 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Bosan Bekerja

3. Banyak bersyukur

Nah, kali ini kita kudu banyak bersyukur karena masih bisa bekerja dan memperoleh penghasilan setiap bulannya. Sehingga apabila ada hal yang tidak kita sukai, seperti salah satu jenis pekerjaan kita dapat tetap semangat dan ingat bahwa tidak semua orang bisa memperoleh pekerjaan yang nyaman, bahkan beberapa di antara mereka ada yang tidak berpenghasilan.

So, dengan banyak bersyukur tentu dapat meningkatkan semangatmu untuk segera menyelesaikan semua tugasnya.

4. Perkuat alasan sobat Glidik bekerja

Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa seseorang memutuskan untuk bekerja. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan pribadi hingga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Temukan siapa penyemangatmu, sehingga kamu bisa kembali bersemangat saat berhadapan dengan kendala kerja.

5. Hindari bekerja di luar kehidupan kantor

Kita semua manusia, maka dari itu, berikan waktu untuk pikiran, hati, dan tubuh ini istirahat. Saat berada di luar kantor carilah aktivitas yang menyenangkan. Temukan kehidupan dan pisahkan pekerjaan kantor dengan kehidupan pribadimu. Jangan sampai beban kerja mempengaruhi kualitas hidumu saat bersama dengan orang terdekatmu.

Setidaknya, dengan tidak bekerja di luar jam kantor kamu tidak akan merasa jenuh. Bisa jadi kebencian terhadap pekerjaan ini muncul karena kamu sudah mulai merasa jenuh.

6. Selalu ingatkan diri untuk belajar dan meningkatkan keterampilan

Jadikan pekerjaan yang tidak kamu sukai sebagai sarana untuk belajar. Belajar akan terus terjadi dimana pun kita berada, sehingga dengan memunculkan kesadaran untuk belajar kamu akan terpacu dan merasa bersyukur karena keterampilan yang kamu miliki semakin bertambah seiring dengan meningkatnya kesulitan tugas yang harus kamu selesaikan.

Tugas yang sulit bukan merupakan sebuah kesalahan. Namanya manusia pasti punya rasa suka atau tidak suka, namun bagaimana cara kita bersikap terhadap bentuk tugas yang bermacam-macam secara profesional.

7. Ingat tanggal gajian

Seberapa susahnya, seberapa sulitnya, ketika mengingat gajian sudah dekat akan membuatmu untuk tetap bertahan menyelesaikan pekerjaan. Namun dalam hal ini tetap jalani secara profesional dan santai. Jangan jadikan beban, sehingga kamu malah mengalami stress kerja. Paling tidak setiap bulan kamu masih bisa merasakan hasil keringatmu.

So, apapun pekerjaan yang dihadapi kita harus tetap bersikap profesional. Karir kita kedepannya tentu akan dipengaruhi dari hasil kerja yang telah kita lakukan. Selain itu, penilaian kerja akan tampak jelas terukur dari hasil kerja yang kita berikan. Tetap semangat ya sobat Glidik…sambut masa depan yang cerah. Usaha tidak akan menghianati hasil.

Kamu mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.