Skill Dasar Untuk Berkarir Di Bidang Market Research

Sobat Glidik kira-kira udah pernah denger belum ya posisi jabatan Market Research? Kalau kata pepatah tak kenal maka tak sayang, maka pada artikel kali ini saya akan menjelaskan segala hal tentang Market Research. Selain itu, tujuan saya membuat artikel ini supaya sobat Glidik menambah wawasan tentang karir dan profesi yang ada di dunia kerja.

Memiliki pikiran terbuka untuk memasuki dunia kerja adalah salah satu syarat mutlak yang harus dilakukan. Sobat Glidik kudu memiliki kesadaran penuh bahwa segala profesi yang kamu tekuni akan memberikan kepuasan tersendiri selain uang. So, here we go ya…

Market Research secara sederhana memiliki arti riset pasar, apabila kita buat dalam pengertian yang lebih luas menjadi segala aktivitas yang bertujuan untuk mencari dan mengumpulkan informasi seputar kondisi pasar dan kebutuhan konsumen.

Tujuannya apa kok kudu mengumpulkan informasi seputar kondisi pasar dan kebutuhan konsumen? Yup, tentu saja untuk menyusun strategi agar produk yang akan maupun yang sudah diturunkan di pasaran memiliki nilai jual di mata konsumen sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Sebuah produk dikatakan memiliki nilai jual di mata konsumen apabila dapat menjawab dan memberikan solusi apa yang sedang dibutuhkan konsumen pada kondisi tersebut. Jadi kira-kira keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh seorang market research yang memiliki nilai jual tinggi? Yuk simak baik-baik ya sobat Glidik…

Market Research

1. Berpikir kreatif, out of the box, dan tajam dalam melakukan analisa

Persyaratan yang cukup kompleks ya sobat Glidik? Nah, seorang market research harus dapat berpikir dengan 1001 macam cara memberikan gambaran kondisi pasar secara rinci. Hal ini bertujuan agar pihak-pihak yang terlibat dapat mengatur strategi untuk menerapkan kebijakan secara tepat.

Sebagai contoh ada beberapa produk yang masuk dalam golongan slow moving alias tidak terlalu laku, maka tugas utama seorang market research adalah mencari penyebab mengapa produk tersebut kurang diterima baik di pasaran? Apakah produk tersebut kurang bisa diterima di pasaran untuk seluruh wilayah ataukah hanya wilayah tertentu saja? Seorang market research yang handal tentu harus bisa menjawab semua pertanyaan tersebut.

2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Bagi sobat Glidik yang masih awam dengan seputar dunia pemasaran, mungkin akan membayangkan bahwa sosok seorang market research adalah sosok yang mampu berlama-lama di hadapan komputer, tidak banyak bicara, dan sebagainya. Meskipun seorang market research akan banyak sekali berhadapan dengan segala jenis bentuk data, tentu saja dong kamu juga harus jago berkomunikasi. Kok bisa?

Yup, kemampuan komunikasi ini kamu butuhkan saat kamu melakukan presentasi di hadapan management atau tim sales dan marketing. Sehingga kamu harus bisa meyakinkan dari segi penyampaian maupun dari data yang kamu sajikan.

Selain itu, kamu akan membutuhkan keterampilan komunikasi saat berada di lapangan ketika berhubungan dengan buyer atau customer. Kamu harus dengan sopan bertanya mengapa memilih produk A, apa saja harapannya ketika membeli sebuah produk, dan pertanyaan lain terkait dengan cara mereka mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.

3. Teliti dan mampu menganalisa data

Seorang market research harus teliti saat membaca dan menganalisa data. Tidak hanya itu, saat proses pengumpulan data pun seorang market research harus dapat melakukan dengan baik. Semakin detail data yang dapat diperoleh, maka akan semakin memberikan gambaran secara jelas bagaiaman kondisi pasar dan bagaimana cara kita menyikapinya.

Memang terlihat simple tetapi pengolahan data memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap hasil akhir analisa nantinya.

Baca juga : Mengenal Program Management Trainee Perusahaan Secara Mendalam

4.Mampu menyusun strategic planning

Seorang market research harus benar-benar memahami data yang disajikan. Hal ini dikarenakan, selain sebagai penerjemah data, kamu juga harus bisa menyusun strategi yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif solusi selain dari product development, sales, dan marketing. Salah satu penyusunan strategi yang dapat kamu gunakan adalah dengan mengumpulkan data dari semua kompetitor tempat kamu bekerja.

Kemudian lakukan list keunggulan beserta kelemahannya. Lalu kombinasikan dengan kebutuhan customer di pasaran seperti apa. Tentu saja pada proses eksekusinya, seluruh bidang pasti akan berperan agar dapat memberikan produk yang dapat diterima oleh pasar.

Baca juga : Berkarir di Bidang Sales dan Marketing Worth it Nggak Sih?

5. Ulet dan tidak mudah menyerah

Salah satu skill sederhana namun paling utama dalam memupuk karir di bidang market research. Hal ini dikarenakan seorang market research harus dapat memberikan data yang relevan, akurat, handal, valid, dan up to date. Apalah arti data yang kamu berikan jika tidak memenuhi kualifikasi tersebut.

Maka dari itu, dengan 5 kualifikasi tersebut seorang market research harus dibekali dengan ulet dan tidak mudah menyerah. Hal ini dikarenakan memperoleh data yang luas membutuhkan proses dan kesabaran. Melakukan pendekatan personal, langsung melihat beberapa produk secara langsung dan membandingkan, serta masih banyak langkah yang harus dilalui.

6. Memiliki kemauan belajar

Dunia market research sangat luas, sehingga seseorang yang berkarir di bidang tersebut harus memiliki kemauan belajar yang tinggi. Kamu tidak hanya dituntut mau melakuk SEO saja, tetapi juga harus mampu secara kreatif melakukan metode yang berbeda-beda agar dapat memberikan data yang akurat.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan produk satu dengan produk yang lainnya membutuhkan perlakuan berbeda saat dilakukan riset. Semakin tinggi kemauanmu belajar, semakin mudah kamu menyesuaikan diri, dan kamu juga akan semakin trampil dalam penyelesaian tugas-tugas.

Menurut saya pribadi, profesi di bidang market research sangat cocok untuk sobat Glidik yang berasal dari generasi Milenial. Suasana kerja yang ditawarkan oleh market research bisa dibilang 50% kantor, 50% lapangan, bahkan ada beberapa tempat yang memberikan prosentase bekerja di lapangan lebih besar.

Baca juga : 6 Kegiatan Produktif Untuk Mengembangkan Skill Secara Otodidak

Selain itu, suasana berbeda-beda dan tuntutan untuk menemukan ide-ide kreatif juga merupkan hal-hal yang disukai oleh generasi Milenia. So, tunggu apalagi, buat CV semenarik mungkin, dan cobalah berkarir di bidang market research.

Kamu mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.