Berkarir di Bidang Sales dan Marketing Worth it Nggak Sih?

Berkarir di Bidang Sales dan Marketing Worth it Nggak Sih? | Halo sobat Glidik, jumpa lagi….mohon maaf lama nggak nulis, karena kesibukan road show luar kota. Kali ini saya akan membahas tentang berkarir di bidang sales dan marketing. Memang sih kayaknya setiap hari temen-temen yang mencoba peruntungan di bidang sales ini datang dan pergi.

Kok bisa? Ya bisalah, karena hampir setiap hari selalu ada lowongan untuk posisi sales dan marketing yang cukup wow jumlahnya. Namun sayangnya, banyak orang menganggap posisi di bidang Sales dan Marketing ini sebagai alternatif terakhir.

Padahal kalau kita lihat di luaran sana, cukup banyak lho teman-teman sales dan marketing yang bonusnya wow bahkan mereka bisa jalan-jalan keliling dunia Cuma dengan jualan. Jadi worth it gak kira-kira sobat Glidik?

Yup, sebelum kamu memutuskan mau berkarir sebagai apa, tentu langkah pertama adalah memutuskan hal apa yang menjadi passion-mu. Mencari kerja itu kayak mencari jodoh. Ketika kamu udah merasa cocok, semua akan merasakan menyenangkan. Kalau misal udah ngelamar kesana kemari tapi masih belum memperoleh pekerjaan. Nggak ada salahnya kok nyoba ngelamar diposisi sales dan marketing.

Cuman sebelum kamu terjun di bidang sales dan marketing ada beberapa hal yang harus kamu jadikan sebagai pertimbangan, yaitu sebagai berikut:

Karir sebagai Sales

Kenali produknya

Sobat Glidik pasti akan bekerja dengan target. Sebelum benar-benar masuk ke bidang sales dan marketing, pastikan kamu tahu dan kenal dengan produk yang akan kamu pasarkan. Karena dengan mengenal produk tersebut akan mempermudah saat memasarkan produk.

Kamu tahu siapa konsumennya, sehingga dapat menentukan strategi bagaimana yang dapat diterapkan. Untuk perusahaan, saya memiliki saran agar memberikan training tentang wawasan produk kepada tim sales dan marketing agar mereka semakin jitu dalam menjual.

Siapkan mental yang tangguh

Seorang sales dan marketing harus memiliki mental yang tangguh. Bukan cuman untuk menghadapi target yang fantastis demi bonus yang fantastis, tetapi juga menghadapi drama kehidupan para konsumen. Tentu sebagai sales dan marketing pasti pernah mengalami penolakan. Nggak cuman penolakan cinta aja ya sobat Glidik, tetapi penolakan dari konsumen.

Bahkan beberapa konsumen pasti memiliki permintaan yang aneh-aneh. Namun apa daya, konsumen adalah raja, dan sebagai seorang sales dan marketing yang sukses harus memiliki jurus rahasia untuk tetap dapat memberikan pelayanan kepada mereka tanpa merugikan diri sendiri.

Baca juga : 6 Ide Investasi Untuk Karyawan dengan Modal Kecil

Humble

Meskipun persaingan seorang sales dan marketing cukup ketat, pegang prinsip untuk tetap humble. Persaingan memang sudah sewajarnya terjadi, namun tidak ada salahnya untuk tetap memupuk kerjasama. Saat sudah mencapai target, kamu boleh membantu rekanmu. Hal ini akan menjadikan karirmu di bidang sales dan marketing semakin sukses.

Kok bisa? Iya, dimana pun sobat Glidiki bekerja, tetap pupuk sikap yang positif, kembangkan kepribadian yang dewasa sehingga membuat orang sekitarmu nyaman. Tidak hanya rekan kerjamu saja,  tetapi konsumen yang sedang kamu layani juga akan merasa puas dan nyaman saat bertemu denganmu.

Mengatur Strategi

Seorang sales dan marketing yang sukses tentu selain berusaha harus bekerja dengan cerdas. Karena target akan selalu meningkat. Saat target sudah mulai tidak bisa terpenuhi, tidak ada salahnya sobat Glidik untuk mencari peruntungan di tempat lain. Selain itu sobat Glidik bisa menyusun strategi penjualan dengan mengatur order sehingga target setiap bulan dapat terpenuhi.

Strategi sangat diperlukan agar meskipun target terus meningkat, kamu tetap nyaman dalam bekerja. Karena kunci sukses dari sebuah pekerjaan dan karir adalah kenyamanan. Kenyamanan yang memicu kita untuk semakin kreatif, tetapi bukan mematikan kreativitas kita.

Memaksimalkan sosmed dan jaringan pertemanan

Memanfaatkan sosial media dan jaringan pertemanan adalah salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh sales dan marketing. Apalagi saat ini semua orang dapat mengakses hal apa saja hanya melalui internet. Jika kalian sudah memiliki sosial media, bangun portofolio yang baik sehingga kamu tidak hanya memasarkan produk tetapi juga sekaligus memasarkan keahlian yang kamu miliki. Jika bisa dilakukan bersamaan kenapa tidak?

Demikianlah gambaran yang bisa saya berikan seputar sales dan marketing. Semoga bagi teman-teman yang masih meraba-raba ingin berkarir di bidang apa bisa cepat memperoleh insight atau mungkin yang sudah terjun di dunia sales dan marketing karirnya bisa semakin sukses. Selamat meniti karir ya sobat Glidik…

Kamu mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.