5 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Bosan Bekerja

5 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Bosan Bekerja | Banyak orang yang membutuhkan pekerjaan, tetapi banyak juga orang yang memutuskan resign dari tempat kerjanya saat ini. Fenomena yang cukup menarik memang, namun apakah sobat Glidik tahu penyebab utama para pekerja yang memutuskan resign?

Dari pengalaman saya pribadi dan perbincangan bersama teman-teman menemukan data yang cukup menarik. Dari 10 orang yang terlibat, 6 diantaranya merasa bosan di tempat kerja saat ini dan tidak menemukan hal yang menantang. Kemudian 3 orang lainnya merasa tidak cocok dengan lingkungan kerja baik hubungan dengan atasan maupun rekan kerja yang lain, sedangkan 1 orang lainnya memiliki alasan lain-lain, seperti salah satunya adalah ketidakpuasan terhadap gaji dan fasilitas.

Sobat Glidik pernah nggak merasa bosan saat bekerja? Kok bisa ya? Kira-kira kenapa ya?Pada dasarnya ada banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya kebosanan saat bekerja. Mulai dari pekerjaan yang sifatnya itu-itu saja, kurang menemukan tantangan, terlalu banyak konflik, hingga terlalu banyak hambatan yang muncul.

Ya, namanya juga manusia, ada kalanya ingin suatu hal yang menantang di pekerjaan. Namun, ada kalanya ingin semua berjalan lancar, normal, tidak ada konflik, pokoknya berada dalam situasi aman. Jadi idealnya harus berada pada posisi yang seperti apa dong?

Baca juga : 10 Tips Wawancara Kerja yang Mudah Dilakukan, Kamu Pasti Diterima!

Sobat Glidik nggak perlu pusing, intinya selama sebagai seorang karyawan kita bisa memposisikan kehidupan yang seimbang, semua akan terselesaikan dengan baik. Pekerjaan itu harus dibawa enjoy. Oleh karena itu kenapa saya tergelitik juga untuk membuat artikel ini. Karena memang hal ini sering saya alami.

Sobat Glidik boleh mengikuti semua tips yang saya berikan, boleh share, atau mau disimpen sendiri juga boleh

1. Cari lokasi tempat tinggal yang jauh dari kantor

Percaya atau tidak, mencari lokasi tempat tinggal yang jauh dari kantor member kesempatan kepada tubuh dan pikiranmu untuk istirahat. Saat perjalanan berangkat kantor, tubuhmu ada waktu di perjalanan untuk mempersiapkan mental dan energi, di perjalanan pulang tubuh dan pikiran mulai melepas satu per satu beban yang sudah dilewati di tempat kerja. Berapa jauh idealnya? Hm, sesuaikan aja sih dengan kemampuan perjalanan yang sanggup sobat Glidik lakukan. Pastinya, dengan jarak yang terbentuk diharapkan dapat tetap membuat kondisi mental dan tubuhmu stabil dalam menghadapi ritme kerja yang penuh kejutan.

2. Bawa benda-benda kesayangan untuk menghiasi meja kerja

Ketika jenuh, tentu kita semua pasti membutuhkan mood booster, salah satunya adalah dengan membawa benda-benda kesayangan untuk menghiasi meja. Misal tidak memungkinkan, aturlah meja kerjamu sehingga saat berada di depan meja semangatmu kembali terkumpul.

3. Bersosialisasilah, meninggalkan pekerjaan sementara boleh asal kamu kembali lagi untuk menyelesaikannya

Jangan terlalu fokus saat bekerja, melakukan partisi energi sangat diperlukan agar semangatmu tetap terjaga. Jangan sampai performa kerjamu bagus di awal, namun menurun saat berada di akhir pekerjaan sehingga hasil kerja yang diberikan kurang optimal. Lebih baik kamu menyisihkan waktu untuk meninggalkan tugas sementara namun dapat menyelesaikan secara optimal ketimbang kamu menyelesaikan di akhir tugas tidak sesuai standar.

Selain itu, bersosialisasi dapat membangun hubungan sosialmu di lingkungan kerja, sehingga jika suatu hari kamu harus bekerja sama dengan orang lain di luar unit kerjamu, kamu akan merasa tidak ada hambatan dalam membangun teamwork.

4. Upgrade keterampilan kerjamu dengan mengikuti training di luar kantor

Meskipun menyandang status karyawan, bukan berarti kontrak belajar sudah usai. Namanya manusia, upgrade skill adalah salah satu nilai penting. Banyak sobat Glidik di luar sana memandang training itu nggak penting. Perusahaan nggak menuntut saya untuk ikut training, jadi saya nggak perlu ikut. Buang-buang duit. Nah, hal tersebut adalah mind set yang kurang tepat. Namanya ikut training, tentu saja tujuannya untuk belajar supaya kita bisa lebih mengerti.

Manfaat yang menikmati tentu kita sendiri, nilai jual diri kita pun juga semakin meningkat. Jadi masih belum tertarik ikut training? Sob langsung cari informasi training terkait dengan kompetensi yang harus kamu miliki dan kembangkan.

5. Menciptakan mainan baru yang bermanfaat

Sobat Glidik, kira-kira ngerti nggak mainan yang saya maksud itu apa? Jadi mainan yang saya maksud adalah sebuah project suka-suka, yang bisa memberikan dampak positif untuk kinerja di dalam unit sobat Glidik sendiri. Project suka-suka merupakan sebuah project improvement yang teman-teman kembangkan secara mandiri sehingga teman-teman tidak merasa monoton dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Yuk mari bertahan dan berjuang, jangan hanya tinggalkan kenangan saja saat kamu meninggalkan lokasi kerja baru, namun tinggalkan sebuah produk buah pikirmu.

Jadi gimana? Masih bosan? Semoga dengan diterapkannya tips ini sobat Glidik makin semangat kerjanya dan memberikan hasil kerja yang optimal.

Kamu mungkin juga suka :

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jangan lupa centang bagian bawah agar mendapatkan notifikasi kalau pertanyaanmu sudah kami balas.